Monday, October 22, 2012

BAB 2 - Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan


Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah sutu organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan tenaga kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) kepada pelanggan. Hampir di semua perusahaan mempunyai tujuan yang sama, yaitu memaksimalkan laba. Jenis perusahaan dibedakan menjadi tiga, yaotu: perusahaan manufaktur, perusahaan dagang, dan perusahaan jasa. Sedangkan bentuk dari perusahaan itu sendiri dibedakan menjadi: perusahaan perseorangan dan persekutuan (perseroan).

Berikut ini adalah pengertian dan definisi perusahaan dari beberapa ahli/badan :

v  MOLENGRAAFF
Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar, untuk memperoleh penghasilan dengan cara memperdagangkan atau menyerahkan barang atau mengadakan perjanjian perdagangan

v  PEMERINTAH HINDIA BELANDA
Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan, yang dilakukan secara tidak terputus-putus, dengan terang-terangan, dalam kedudukan tertentu dan untuk mencari laba (bagi diri sendiri)

v  UU No.8 TAHUN 1997, PASAL 1 (1)
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus-menerus dengan memperoleh keuntungan dan atau laba bersih, baik yang diselenggarakan oleh orang perorangan maupun badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah negara RI

v  JOHN M. ECHOLS
Bisnis berarti perusahaan

v  MURTI SUMARNI (1997)
Perusahaan adalah sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber daya ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.

v  MUCH NURACHMAD
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak, milik orang perseorangan, milik persekutun, atau milik badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekrjakan pekerja dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain

Ciri-ciri umum perusahaan adalah sebagai berikut :
-Operatif
-Koordinatif
-Regular
-Dinamis
-Formal
-Lokasi
-Pelayanan Bersyarat
Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan

Tempat / Kedudukan Perusahaan

Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan suatu perusahaan . Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti:
·         Lembaga Pemerintahan
·         Lemabag Keuangan
·         Konsumen

Letak Perusahaan
                                                            
.Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi letak suatu perusahaan :

·         Ketersediaan tenaga kerja
·         Ketersediaan modal
·         Ketersediaan pengangkutan atau transportasi
·         Keterkaitan/ kedekatan dengan pasar
·         Kesesuaian iklim
·         Letak dari sumber bahan mentah


-Jenis Letak Perusahaan
Ada 4 Jenis Letak Perusahaan :
Ø  Letak Perusahaan yang Terikat Pada Alam
Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia ; misalkan, usaha pertanian dan pertambangan.
Ø  Letak Perusahaan Berdasarkan Sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu. Misalkan kerjainan batik di daerah Surakarta dan Yogyakarta, hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam Kraton di kedua kota itu.
Ø  Letak Perusahaan yang Ditetapkan oleh Pemerintah
Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan harus menjalankan aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat di sekitar lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahaan tersebut. Misalnya, pabrik senjata/amunisi, peternakan, dan pabrik obat-obatan.
Ø  Letak Perusahaan yang Dipengaruhi oleh Faktor-faktor Ekonomi

Jenis perusahaan ini bersifat industri. Di sini ada bebarapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan letak perusahaan :
a. Dekat dengan bahan baku
Contoh : pabrik gula, pabrik semen.
b. Dekat dengan pasar
Di sini perusahaan sedekat mungkin dengan pasar atau konsumen.
Contoh : pabrik roti (Bakery), rumah makan dan juga perusahaan jasa seperti Bank/Asuransi.
c. Dekat dengan pemasuk tenaga kerja
Bagi perusahaan yang banyak membutuhkan tenaga kerja bukan ahli, cenderung memperhatikan agar dekat dengan tenaga kerja tersebut.
Contoh : pabrik rokok, pabrik kembang gula.
d. Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi
Contoh : pabrik peleburan bijih besi, aluminium dan baja.
e. I k l i m
Suatu perusahaan seringkali membutuhkan adanya iklim dan pengaturan suhu udara yang tertentu.
Contoh : pabrik the, pemintalan kapas, industri jamur.
f. Ongkos Transport
Misalkan pabrik mobil, sangat membutuhkan lancarnya transportasi. Apabila jalan-jalan yang akan dilalui produk perusahaan ke konsumen sudah baik, maka diharapkan ongkos transportnya juga akan menjadi rendah.
g. Besarnya suplai modal
Perusahaan yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya, cenderung akan memilih tempat dimana penananman modal cukup besar disertai tingkat bunga yang cukup rendah.
Perusahaan dan Lembaga Sosial
Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup
Tujuan Berdirinya Suatu Perusahaan
Berdirinya suatu perusahaan pada dasarnya mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya guna mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi akan banyak memberikan tantangan bagi para pengusaha dan akan memicu persaingan yang ketat dengan setiap pengusaha untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam usaha memaksimalkan laba dengan cara meningkatkan nilai penjualan.


Sistem Perusahaan
Ada 4 sistem perusahaan, yaitu :
Ø  People & Education (SDM & Pendidikan)
Di area ini, terdapat beberapa sistem yang disarankan, yaitu:
- Membangun Training Systems (Sistem Pelatihan)
- Kontrak Kerja dengan setiap pegawai
- Membuat aturan perusahaan
- Membangun sistem penghargaan & kompensasi (recognition & remuneration)
Ø  Delivery & Distribution (Pengiriman & Distribusi)
Di area ini, ada beberapa sistem yang perlu dipertimbangkan:
- Merubah kemasan produk untuk untuk keamanan pengiriman
- Melakukan stock opname secara regular
- Mengukur biaya-biaya pengiriman (delivery) untuk produk atau jasa
- Mengukur kualitas & profesionalisme dalam jasa pengiriman
Ø  Testing & Measuring
Ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan untuk testing and measuring. Langkah awal nya ialah dengan memonitor yang sedang dilakukan saat ini, kemudian pangkas, modifikasi, dan tingkatkan apa-apa yang sedang dilakukan, tergantung hasil yang anda dapatkan. Atas hasil tersebut, uji & ukur hasilnya selama dua minggu, dan cek bagaimana hasil yang didapatkan, lalu jika perlu maka konsolidasikan hasil nya ke orang lain. Sebagai langkah akhir maka implementasikan strategi lain atau coba sesuatu yang baru untuk meningkatkan hasil nya apakah telah sesuai dengan tujuan awal. Berikut beberapa hal yang disarankan untuk testing dan measuring:
- Menyusun anggaran tahunan dan bulanan secara lengkap
- System pembelian yang lengkap untuk semua pembelian internal
- Analisis profit dalam setiap kampanye marketing secara lengkap
- System kas kecil (petty cash) yang lengkap
- Memelihara pencatatan margin profit anda
Ø  Systems & Technology
Kita perlu memastikan bahwa semua sistem yang dibangun berjalan baik. Area ini adalah semua tentang sistem dan teknologi, yang secara ideal dibuat tersistematisasi. Dari mana anda mulai? Berikut beberapa hal cepat & mudah yang disarankan:
- Jadwal pemeliharaan regular semua peralatan secara langkap
- Gunakan sistem komputer (software) untuk memantau hutang dan tagihan
- Dokumentasikan & gambarkan semua tugas (jobdesc) dalam Manual Operasi
- Jalankan sistem kontrol persediaan secara terkomputerisasi
- Sistem yang lengkap tentang Pelatihan
Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab sosial.
a. Kepada pemilik modal: pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan.
b. Kepada lembaga peneliti: membantu pendanaan.
c. Kepada pekerja: membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja.
d. Kepada konsumen: menyediakan barang dan jasa yang bagus.
e. Kepada pemerintah: membayar pajak.
    - Sifat sistem perusahaan
a. Kompleks
b. Sebagai suatu kesatuan / unit.
c. Sifatnya beragam.
d. Saling tergantung.
e. Dinamis
Fungsi Perusahaan
Fungsi-fungsi perusahaan
Ada 2 fungsi perusahaan,  apabila kedua fungsi tersebut dijalankan dengan lancar, terkoordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. :


Ø  Fungsi Operasi
Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
Ø  Fungsi Manajemen
Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancer, terkoordinasi, terintegrasidalam rangka mencapai tujuan.
Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan
Hubungan Bisnis dan Lingkungan
 
Lingkungan bisnis dapat dipilah-pilah secara lebih spesifik menurut kepentingan tertentuyang orientasinya adalah dalam persfektif penyusunan strategis yang secara garis besar terbagi dalam 4 kelompok besar :

Ø  Strength ( Kekuatan )
Variabel-variabel yang masuk dalam kelompok ini mencerminkan kekuatan-kekuataninternal yang dimiliki perusahaan, dan sering dijadikan andalan untuk menetapkan dan menyusun strategi perusahaan, sehingga substansi strategi ini benar-benar sesuai denganfakta dan prediksi kekuatan yang dimiliki perusahaan.

Ø  Weakness ( Kelemahan)

Sejumlah variable kelemahan ini juga bersifat internal, untuk lebih menjamin keputusanmanajerial lebih akurat berdasar fakta. Sehingga dengan mengetahui kelemahan fasilitasdan kapasitas perusahaan tentu akan dilakukan rencana strategi yang lebih baik.

Ø  Opportunity (Peluang/Kesempatan)
Lingkungan eksternal ini sangat dinamis dan sering terjadi berbagai perubahan di mana perlu disesuaikan dengan keadaan lingkungan yang ada.

Ø  Treatment (Tantangan)
Treatment ini merupakan keadaan lingkungan eksternal yang merupakan tantangan yang dihadapi perusahaan yang diprediksi akan menghambat keberhasilan pengusaha dalam mencapai tujuan-tujuannya.


Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan

  • PENGERTIAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat. Faktor-faktor tersebut misalnya aspek-aspek ekonomi, politik, sosial, etika-hukum, ekologi, dan sebagainya. Masing-masing saling menunjang dan saling mempengaruhi.
Perusahaan dalam Masyarakat Pluralistik
Masyarakat sekarang mempunyai pengaruh yang kuat dan bermacam-macam. Perusahaan sangat bergantung pada masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan, dan sikap masyarakat terhadap perusahaan sangat berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanan perusahaan tersebut.
Dalam masyarakat pluralistik, terdapat banyak pusat kekuatan, masing-masing mempunyai sifat mandiri. Hubungan yang baik dapat terjadi dengan saling memberi melalui kompromi, bukan dengan paksaan. Dalam hal ini, pluralisme mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.
Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Banyak masalah yang berkesan negatif tentang perusahaan seperti penyelewengan pajak, penyelundupan barang, iklan yang menipu, pembayaran-pembayaran yang ilegal, dan sebagainya. Mengapa hal seperti itu terjadi? Apakah pemimpin perusahaan berbuat demikian untuk memperkaya diri atau menigkatkan laba perusahaan?
Kritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi, moral, etik, dan politik saja, tetapi juga menyangkut lingkungan fisik seperti limbah kimia yang dibuang ke sungai, atau polusi udara.
Usaha-usaha memperbaiki kesan Negatif
Tentunya perusahaan harus menghindari masalah-masalah negatif serta perlu melaksanakan hubungan masyarakat yang efektif. Saran dari pemerintah dan keluhan masyarakat harus diperhatikan.
  • LINGKUNGAN FISIK, ENERGI, DAN KONSERVASI
Salah satu masalah yang sangat sulit diatasi adalah masalah lingkungan fisik. Di Jakarta dan Surabaya misalnya, sudah dirasakan semakin besar polusi air dan udara. Bahkan di beberapa bagian kota Yogyakarta juga dirasakan pencemaran air tanah karena kondisi pemukiman yang “berjubel” serta pembuangan limbah yang terlalu dekat dengan sumber air.
  • Ekologi
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Faktor menurunnya kualitas lingkungan :
  1. Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
  2. Perkembangan Teknologi
  3. Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi.
Hampir setiap orang setuju dengan anggapan bahwa kita seharusnya manjaga kondisi lingkungan yang baik secara ekollogis, tetapi memerlukan usaha timbal-balik yang mungkin tidak terlalu kita inginkan.
Tujuan-tujuan ekologis memang sangat penting. Tetapi, persoalan riilnya adalah menyangkut apakah kita dapat mengkoordinir tujuan-tujuan tersebut dengan tujuan sosial dan ekonomi lainnya.
  • Macam-macam Polusi
Pencemaran Udara
Polusi udara biasanya ini menimbulkan penyakit jantung dan pernapasan akibat gas karbon yang kita hirup setiap harinya, walau sedikit.
Pencemaran Air
Cukup banyak kasus pencemaran air di Indonesia yang berasal dari industri, permukiman dan lingkungan pertanian. Penggunaan pupuk yang mengandung nitrat yang cukup besar dapat menimbulkan polusi air baik yang di permukaan maupun di bawah tanah.
Pencemaran Sampah Awet
Sering samapah awet, seperti kaleng bekas, botol, karet dan plastik sulit mendapatkan pembuangan. Dipendam pun tidak lekas larut dalam tanah. Namun masih ada pihak yang membantu mengurangi polusi sampah awet, seperti gelandangan pencari kaleng, botol, dan sebagainya yang kemudian sampah tersbut dijual ke pabrik-pabrik pengolahan.
  • Energi dan Konservasi
Di Indonesia sumber energi minyak bumi sudah lama digunakan disamping batu bara dan air. Kemudian muncul penggunaan gas alam, energi matahari, serta kemungkinan penggunaan tenaga nuklir.
Dari sumber tersebut, kiranya energi matahari dapat memberikan prospek penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hampir tidak ada, biaya murah, dan bebas polusi. Sebagian besar penggunaan energi di dunia ini masih bergantung pada minyak dan gas.
  • LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN
  • Alasan-alasan bagi Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah
Pemerintah membiayai pengeluarannya dari hasil pemungutan pajak untuk membiyai pengeluaran yang semakin meningkat. Meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupaka suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi, pertambahan penduduk, permintaan masyarakat, serta pengeluaran biaya untuk pertahanan negara.
Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan sebagainya telah mengalami proses urbanisasi dengan pesat. Kehidupan kota seperti ini menyebabkan timbulnya masalah-masalah seperti perlindungan kebakaran, penyediaan air minum, pengaturan selokan-selokan, dan sebagainya yang semuanya ditangani oleh Pemerintah Daerah setempat. Masalah lain yang perlu mendapat perhatian adalah masalah kesehatan, pendidikan, dan transportasi.
Setiap periode pembangunan, pengeluaran untuk keperluan pertahanan juga semakin meningkat. Apabila pemerintah dapat menekan pengeluaran-pengeluaran ini, maka kebutuhan-kebutuhan lainnya akan lebih terpenuhi.
  • Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapatt diperoleh dari
  • Penerimaan dalam negeri, meliputi : pajak langsung, pajak tidak langsung, penerimaan minyak dan penerimaan bukan pajak (iuran, denda, retribusi, dsb.).
  • Penerimaan pembangunan, meliputi : bantuan program dan bantuan proyek.
Sedangakan seluruh pengeluaran Pemerintah dapat dikelompokkan ke dalam :
  • Pengeluaran rutin, antara lain : belanja pegawai, belanja barang, subsidi daerah otonom, bunga dan cicilan utang, dll.
  • Pengeluaran pembangunan, baik sektoral maupun regional.
  • LINGKUNGAN HUKUM
  • Hukum Publik
Hukum publik mengatur masalah-masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum. Aturan-aturan hukum publik antara lain : hukum tatanegara, hukum tatausaha, dan hukum pidana.
  • Hukum privat
Hukum Privat mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat. Termasuk ke dalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.
  • LINGKUNGAN PEMERINTAH
  • Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan terutama berupa perlindungan atas kekayaan, pengadaan kontrak, dan pemberian paten yang diharapkan dapat meningkatkan pembangunan.
Pemerintah juga membantu perusahaan-perusahaan kecil karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen. Bantuan seperti ini sering dinamakan subsidi.
  1. a. Bantuan di Bidang Transportasi
Pada sektor perkereta-apian misalnya, yang sepenuhnya dikuasai Pemerintah yang diatur oleh Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Usaha-usaha pemerintah yang lain seperti Garuda Indonesia Airways (GIA), PELNI, dan DAMRI telah mendorong usaha-usaha beru yang dilakukan oleh swasta, bahkan dapat menimbulkan daya saing yang lebih besar untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  1. b. Bantuan pada Perusahaan-perusahaan Kecil
Bantuan berupa :
  • Bantuan finansial
  • Pemberian kontrak
  • Bantuan teknik dan manajemen.
  1. c. Bantuan di Bidang Komunikasi
Bidang komunikasi meliputi kegiatan-kegiatan siaran radio, televisi, telepon dan sebagainya. Bidang komunikasi ini juga didukung dengan usaha-usaha pembangunan ruang angkasa seperti penggunaan satelit.
  • LINGKUNGAN INTERNASIONAL
  • Neraca Pembayaran internasional
Neraca pembayaran ini menggambarkan transaksi-transaksi internasional yaitu jumlah utang negara X kepada negara Y dan jumlah utang negara Y kepada X. Suatu konsep penting berhubungan dengan neraca pembayaran adalah neraca perdagangan.
  • Perusahaan-perusahaan Multinasional
Perusahaan multinasional kebanyakan berasal dari negara-negara Eropa, Amerika, Jepang. Pasar yang dikuasainya meliputi beberapa negara selain negara sendiri.
  • Kegiatan-kegiatan Multinasional
Perusahaan Multinasional bertujuan memasarkan hasil produksi ke negara dan luar negaranya. Kemudian mendirikan perusahaan perakitan di negara kedua untuk melayani kebutuhannya disamping negara ketiga yang ada disekitarnya.
  • Ciri-ciri Perusahaan Multinasional
Kegiatan pokoknya meliputi usaha manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua negara. Perusahaan Multinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung.
  • Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional
    • Kebaikan :
Menambah devisa negara melalui ekspor.
Mengurangi devisa impor di bidang industry
 Menambah pendapatan negara dari pajak
Menambah kesempatan kerja
 Meningkatkan taraf hidup karyawan dengan gaji lebih tinggi
Meningkatkan keterampilan tenaga kerja.
 Memodernisir industry
Menambah arus barang
Memperluas pasar faktor-faktor produksi
Mendukung pembangunan nasional
  • Keburukan :
    • Dapat mempengaruhi kekuasaaan ekonomi negara
    • Penyusutan
    • Kebutuhan barang dan bahan baku didatangkan dari luar negeri
    • Merusak kehidupan politik dan ekonomi negara.
    • Mencari keuntungan yang sebesar-besarnya.
  • Lembaga-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional
  1. Export and Impor Comission House
  2. Merchant Exporters and Importers
  3. Manufacturers Export Agents
  4. Export and Import Brokers

No comments:

Post a Comment